SELAMAT DATANG DI LOMAN BERBAGI BLOG JANGAN LUPA BERI KOMENTAR TERIMA KASIH

Sabtu, 07 Mei 2011

Pengertian Keylongger

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kalo kita mengerti dulu apa itu keylogger.

Apa itu keylogger?
Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.

Bagaimana keylogger bekerja?
Setelah keylogger diinstal pada PC, ia akan mulai beroperasi di latar belakang (mode stealth) dan menangkap setiap keystroke dari korban pada PC itu. Mari kita mengambil contoh kecil : Korban pergi ke http://mail.yahoo.com dan mengetik “username” nya dan “password” di combo box masing-masing untuk login. Keylogger secara diam-diam merekam tombol tersebut dan menyimpannya dalam log.

Log ini akan menunjukkan “username” ditangkap dan “password” dan juga akan memberitahu kamu bahwa mereka diketik di halaman login Yahoo.

Bagaimana cara menggunakan keylogger?
Keylogger yang berupa hardware besarnya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini biasanya dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga ia akan mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke CPU. Sementara itu, keylogger dalam bentuk perangkat lunak terpasang di dalam komputer dan bekerja secara tersembunyi di balik layar. Keylogger jenis ini sangat mudah diinstal, hanya membutuhkan waktu sebentar dan tanpa harus mempunyai keahlian khusus.

Cara sederhana untuk menghindari dampak adanya keylogger pada sistem operasi Microsoft Windows adalah dengan menggunakan fitur On-Screen Keyboard (osk.exe).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More