SELAMAT DATANG DI LOMAN BERBAGI BLOG JANGAN LUPA BERI KOMENTAR TERIMA KASIH

Kamis, 10 Maret 2011

(500) Days of Summer


500Artis : Joseph Gordon Levitt, Zooey Deschanel
Sutradara : Marc Webb
Genre : Drama

Kisah asmara yang bukan biasa ditampilkan di film dengan judul yang menggelitik : 500 hari bersama dengan Summer (bukan berarti musim panas!). Summer Finn (diperankan oleh Zooey Deschanel) adalah seorang gadis yang menawan yang cintanya tidak mau terbelenggu seseorang.

Jalan cerita film ini dilakukan melalui alur bolak-balik yang disajikan secara kreatif dan menarik. Ada cerita runtun yang menggambarkan hari cerah dan bahagia. Sedangkan ceritaflashback memaparkan hari kelabu Tom. Walaupun alur bolak-balik tetapi tidak membikin bingung penonton karena masih dalam kerangka jalinan kisah asmara ini.

Tom Hansen (diperankan oleh Joseph Gordon Levitt) berprofesi sebagai penulis kartu ucapan yang jatuh hati ke karyawan baru yang bernama Summer. Tom tertarik kepada Summer pada pandangan pertama, melalui berbagai pendekatan, akhirnya gayung bersambut karena Summer menyukai dia, walau dengan satu syarat bahwa hubungan mereka adalah pertemanan, bukan pacaran.

Tom adalah pria yang berpandangan bahwa ia tidak mudah mengumbar cintanya sampai ia jatuh cinta kepada seorang wanita. Sebaliknya dengan Summer yang tidak berpandangan demikian karena kedua orang tuanya telah bercerai saat dia kecil.

Tom oke-oke saja karena menikmati “pertemanan” ini yang serasa musim panas dimana sebenarnya sudah sulit dibedakan dengan pacaran. Sampai suatu ketika ia menuntut jawaban dari Summer apakah jalinan selama ini pertemanan atau pacaran. Mulailah jalinan “pertemanan” ini retak.

Setelah putus sambung, Summer mengundang dia untuk menghadiri jamuan pesta rumah yang diadakannya. Di sinilah puncak kreatif film ini. Ditayangkan dua gambar sekaligus yaituexpectation dan reality dimana kita bisa melihat berlangsungnya dua kejadian yang bertentangan antara harapan dan kenyataan. Gambar menyatu lagi saat disorot jari Summer yang telah berisikan cincin pertunangan dari pria lain.

Setelah ini, baru alur cerita runtun maju ke hari-hari berikutnya hingga bertemu kembalinya mereka dimana Summer menjelaskan mengenai apa yang terjadi dengan hubungan mereka dan keputusannya untuk menikah dengan orang lain. Putus cinta tidak selalu saling menyakitkan.

Untuk yang ingin tahu lagu dan suara Carla Bruni (istri Nicolas Sarkozy, Presiden Perancis saat ini) bisa mendengarnya yaitu saat Tom dan Summer di mobil berdua sambil mendengar lagu berbahasa Perancis.

Cerita yang sebenarnya sederhana bisa diolah menjadi menarik dengan sentuhan penyajian yang berbeda.

#Diapresiasi oleh Angels Kusuma#

Sumber: http://www.filmdanmusik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More