SELAMAT DATANG DI LOMAN BERBAGI BLOG JANGAN LUPA BERI KOMENTAR TERIMA KASIH

Kamis, 10 Maret 2011

Daybreakers


dayArtis : Ethan Hawke, Willem Dafoe, Sam Neill
Sutradara : The Spierig Brothers
Genre : Horor

Bagaimana keadaan dunia kalau vampir telah menguasai hampir seluruh penjuru bumi? Setelah 10 tahun, yang dimulai pada tahun 2009, merebak wabah yang mengakibatkan sebagian besar manusia berubah menjadi vampir, makhluk pengisap darah, maka para vampir ini mulai kelaparan karena kekurangan pasokan darah manusia untuk makanan. Digambarkan masyarakat vampir ini hidup “normal” mempunyai polisi vampir, bekerja, antri subway, beli minuman kopi (tentunya bercampur darah), kecuali menjelang fajar menyingsing (daybreakers) karena vampir akan terbakar apabila terkena terpaan sinar matahari.

Edward Dalton (diperankan oleh Ethan Hawke, aktor ganteng yang menjadi populer saat berperan di film Before Sunrise dan sekuelnya Before Sunset) bekerja sebagai ahli riset di perusahaan farmasi milik pengusaha Charles Bromley (diperankan oleh Sam Neill yang terkenal saat membintangi film Jurassic Park) yang berusaha menemukan pengganti darah untuk konsumsi vampir. Perusahaan farmasi ini mempunyai “peternakan” manusia yang menghasilkan darah manusia. “Pabrik” ini hanya menghisap darah manusia yang ditahan tapi tidak bisa “mengembang-biakkan” dalam waktu singkat. Suplai manusia yang ditangkap semakin berkurang dan sulit dicari karena populasi manusia diperkirakan tinggal tersisa kurang dari 5%.

Dalam insiden kecelakaan lalu-lintas Edward tidak sengaja menabrak mobil yang berpenumpang 4 manusia dan dia menyelamatkan manusia ini dari tangkapan polisi vampir. Audrey Bennet (diperankan oleh Claudia Karvan), salah satu manusia yang dia selamatkan, membawanya bertemu dengan Lionel “Elvis” Cormac (diperankan oleh aktor kawakan yang berkarakter, Willem Dafoe) yang ternyata adalah mantan vampir yang berhasil menjadi manusia kembali.

Mereka bertiga menjadi buruan para tentara vampir di siang bolong yang dipimpin oleh adik Edward, Frankie Dalton (diperankan oleh Michael Dorman). Untuk mengatasi sengatan sinar matahari para vampir bisa menggunakan mobil yang memakai tirai proteksi sinar matahari yang menutupi kaca mobil (daytime protection driving mode). Pengemudi vampir bisa melihat kondisi di luar mobil dengan bantuan kamera pengintai.

Mereka berhasil meloloskan diri dan kembali ke bekas vineyard (perkebunan dan pengolahan anggur) tempat persembunyian beberapa gelintir manusia yang masih tersisa. Berdasarkan cerita dari Lionel, mantan vampir, maka diambil kesimpulan bahwa ia berhasil kembali menjadi manusia berkat tertimpa sinar matahari yang sempat membakarnya sebelum dia terjun ke sungai. Edward, dibantu dengan Lionel dan Audrey, akhirnya berhasil menjadi manusia kembali dengan cara “sedikit” memanggangkan dirinya terkena terpaan sinar matahari di dalam tangki oksidasi pengolahan anggur. Selain itu ditemukan cara lain yaitu apabila vampir menghisap darah manusia yang mantan (dulunya pernah menjadi) vampir maka dia akan sembuh menjadi manusia.

Tapi tidak semua vampir mau kembali menjadi manusia seperti pengusaha serakah Charles yang mau melanggengkan bisnisnya, padahal anak perempuannya masih menjadi manusia yang menolak untuk berubah menjadi vampir.

Suatu film action horor yang mempunyai jalan cerita berbeda dengan film horor lainnya karena lebih mengupas situasi dan kondisi setelah vampir menguasai dunia. Walaupun tetap memegang teguh pakem klasik vampir seperti tidak boleh terkena sinar matahari dan akan mati kalau ditusuk tepat di jantungnya. Untuk yang tidak tahan melihat darah dianjurkan jangan menonton film ini yang penuh dengan lumuran ceceran darah.

#Diapresiasi oleh Angels Kusuma#

Sumber: http://www.filmdanmusik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More