SELAMAT DATANG DI LOMAN BERBAGI BLOG JANGAN LUPA BERI KOMENTAR TERIMA KASIH

Kamis, 10 Maret 2011

Up in the Air


upArtis : George Clooney, Vera Farmiga, Anna Kendrick
Sutradara : Jason Reitman
Genre : Drama

Kisah pekerjaan konsultan dibumbui cinta sesaat menjadi tema film ini. Ryan Bingham (diperankan oleh aktor galant George Clooney) berprofesi sebagai konsultan HRD yang tugasnya berkeliling ke seantero Amerika Serikat untuk memecat karyawan yang di-PHK oleh perusahaannya.


Dia menjalani pekerjaan yang “menyesakkan” karyawan dengan tanpa beban karena dia beranggapan tidak akan bertemu lagi dengan orang yang dipecat ini. Dalam perjalanan bisnisnya dia kerap berpindah-pindah berbagai kota sehingga sering terbang dengan pesawat di atas udara. Apalagi saat itu USA lagi terguncang perekonomiannya sehingga semakin larislah pekerjaan mem-PHK orang ini. Bingham bisa menghabiskan 322 hari dalam setahun untuk perjalanan, ini berarti hanya ada 43 hari sisanya untuk tinggal di apartemennya di Omaha, Nebraska.

Dalam suatu perjalanan bisnis di Dallas dia berkenalan dan menjalin kencan sesaat dengan pebisnis wanita yang charming, cerdas dan matang yaitu Alex Goran (diperankan oleh Vera Farmiga). Ternyata dua insan yang sama-sama sibuk berkelana bisnis ini saling membutuhkan untuk mengisi lorong sunyi travelling mereka. Mereka saling janjian untuk ketemu di berbagai kota.

Perusahaan konsultan tempat Bingham bernaung berencana mengadakan penghematan ongkos perjalanan dengan cara pemberitahuan PHK disampaikan melalui live video conference via internet. Usulan ini digagas oleh Natalie Keener (diperankan oleh Anna Kendrick), lulusan perguruan tinggi ternama yang pandai tapi belum berpengalaman.

Bingham ditunjuk atasannya untuk mendidik rookie (karyawan baru) on the job trainingdengan berkeliling ke client di berbagai kota untuk mengetahui dunia riil pekerjaan mereka. Berkelanalah mereka ke berbagai kota seperti St Louis, Wichita, Kansas City, Tulsa, Des Moines, Miami, Detroit. Natalie menjadi mengetahui berbagai situasi dan kondisi saat karyawan dipecat. Bahkan dia kena batunya saat pacarnya memutuskan hubungan mereka melalui SMS, mirip dengan rencana dia memecat karyawan melalui internet.

Si rookie menjadi sadar bahwa memecat orang tidak semudah teori, diperlukan manusia “tanpa hati” untuk menjalankan tugas ini. Di sisi yang lain, Bingham yang terbiasa membekukan hatinya ternyata bisa juga menaruh hati ke si jinak-jinak merpati, Alex, yang memberikan”skak-mat” tak terduga untuk Bingham.

Up in the Air memperoleh 6 nominasi Oscar 2010 untuk film, sutradara, skenario adaptasi terbaik dan untuk aktor terbaik George Clooney serta dua aktris pendukung terbaik sekaligus yaitu Vera Farmiga, Anna Kendrick. Hanya sayangnya mereka tidak memperoleh satupun kemenangan, suatu penilaian yang layak dari para juri karena film ini tidak ada sesuatu yang istimewa.

#Diapresiasi oleh Angels Kusuma#

Sumber: http://www.filmdanmusik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More