SELAMAT DATANG DI LOMAN BERBAGI BLOG JANGAN LUPA BERI KOMENTAR TERIMA KASIH

Kamis, 10 Maret 2011

Crazy Heart


crazyArtis : Jeff Bridges, Maggie Gyllenhaal, Robert Duvall, Colin Farrell
Sutradara : Scott Cooper
Genre : Drama, Musical

Kisah pemusik yang harus menjalani kehidupan keras dengan mengemudi seorang diri mengadakan tour pertunjukan dari kota ke kota di Amerika Serikat. Otis “Bad” Blake (diperankan dengan gemilang oleh aktor senior Jeff Bridges) adalah penyanyi countryberumur 57 tahun yang telah menginjak masa senja kariernya. Si Bad ini benar-benar bad karena pecandu alkohol, pengisap rokok yang tidak pernah berhenti, cerai 4 kali dan tidak mempunyai uang.

Walaupun dulunya cukup terkenal sebagai musikus, sekarang dia hanya bisa manggung di pertunjukan-pertunjukan kecil seperti tempat bowling dan bar kecil. Hidupnya kacau bahkan sempat meninggalkan panggung saat penampilan karena muntah akibat minuman keras. Walaupun demikian masih ada penggemarnya yang masih mengidolakannya sambil bernostalgia dengan lagu-lagu country masa keemasannya dulu kala.

Jean Craddock (diperankan oleh Maggie Gyllenhaal yang pernah berakting di film BatmanThe Dark Knight), keponakan sesama musikus, mewawancarai Bad untuk bahan tulisan di koran. Wawancara ini beranjak menjadi hubungan pribadi yang lebih mendalam walaupun rentang usia mereka berbeda jauh. Bad bisa bergaul dengan anak semata wayang Jean,Buddy (diperankan dengan jenaka oleh Jack Nation), berumur 4 tahun yang kehilangan figur ayah karena orang tua bercerai. Bad sendiri mengaku kalau keakraban ini terjalin karena dia merasa telah menyia-nyiakan anaknya sendiri karena tidak ada waktu bergaul.

Bad merelakan gengsinya untuk menjadi penyanyi pembuka konser Tommy Sweet(diperankan oleh aktor populer Colin Farrell yang antara lain pernah berperan sebagaiAlexander the Great) yang lagi naik daun. Sebelumnya Bad sempat menolak job ini karena Tommy adalah anak didiknya dalam berkarier di dunia musik country. Tommy menawari dia untuk mengarang lagu buatnya.

Sepulang dari konser ini, Bad yang penat mengalami kecelakaan lalu lintas sehingga dirawat di rumah sakit. Saat dia siuman, hal yang ditanyakannya adalah dimana gitarnya, suatu bentuk kecintaan khas seorang seniman. Setelah kejadian ini hubungan dua insan yang lagi kasmaran ini semakin beranjak serius apalagi Buddy senang dengan Bad karena bisa mengajaknya bermain.

Suatu kali Bad menelepon anaknya yang sudah 24 tahun tidak pernah ditemuinya semenjak berumur 4 tahun, dia mendapat respon penolakan dari anaknya ini. Sobat karibnya Wayne Kramer (diperankan oleh aktor kawakan berwajah seribu Robert Duvall) berusaha membesarkan hatinya karena tidak ada kata terlambat.

Hubungan sejoli ini menjadi retak ketika Bad teledor kehilangan Buddy di mall saat Bad menghilangkan dahaga minum whiskey di bar. Sepeninggalan Jane maka Bad larut dalam mabuknya sampai tiba-tiba dia insaf dan minta sobatnya, Wayne, mengantarkan dia ke rehabilitasi pecandu alkohol.

Setelah sembuh dari kecanduan, Bad berusaha lagi mendekati Jane. Dia menyatakan bahwa namanya bukan Bad lagi melainkan balik ke nama aslinya Otis. Di tengah kegalauan karena penolakan Jane maka Blake memetik gitar sambil bersenandung lagu The Weary Kind (riilnya memenangkan Oscar untuk lagu orisinil terbaik) yang kelak sukses dinyanyikan oleh Tommy Sweet. Di dalam lagu ini terdapat petikan kata crazy heart yang menjadi judul film ini.

Cerita film ini membuat kita merenung tentang kehidupan sebenarnya di balik glamor seorang bintang. Penampilan idola adalah tampak luar untuk konsumsi penggemar, sedang kesengsaraan batin adalah rana pribadi. Masih teringat di benak kita film The Wrestler yang menceritakan nasib seorang pegulat profesional sesudah masa kejayaannya lewat.

Film yang berdasarkan novel tentang kehidupan merana penyanyi country ini memenangkan dua anugerah Oscar 2010 untuk lagu orisinil terbaik dan aktor terbaik, Jeff Bridges dimana sebelumnya dia sudah bosan dinominasikan sebanyak 4 kali. Jeff juga memenangkan Golden Globe Award 2010. Film ini juga mendapat nominasi aktris pendukung terbaik untuk Maggie Gyllenhaal.

Bagi penggemar musik country, tentunya film ini wajib tonton karena akan terhibur dengan lagu-lagu country yang berkumandang di sepanjang film. Seirama dengan tagline iklan film ini the harder the life, the sweeter the song. Ada bonus tambahan saat menyaksikan film ini yaitu penggemar film dan musik tidak hanya menyaksikan akting melainkan bisa menikmati alunan suara Jeff dan Colin yang mendendangkan sendiri lagu-lagu yang ada di film.

#Diapresiasi oleh Angels Kusuma#

Sumber: http://www.filmdanmusik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More