SELAMAT DATANG DI LOMAN BERBAGI BLOG JANGAN LUPA BERI KOMENTAR TERIMA KASIH

Kamis, 10 Maret 2011

he Men Who Stare At Goats


themanArtis : George Clooney, Ewan McGregor, Jeff Bridges, Kevin Spacey
Sutradara : Grant Heslov
Genre : Action

Apakah anda termasuk orang yang percaya kalau tentara USA memakai kekuatan supernatural? Film ini membahas dengan gaya satir kocak tentang pengungkapan unit khusus tentara Amerika Serikat yang mempunyai “ilmu” menaklukkan musuh-musuhnya dengan tatapan mata.

Bob Wilton (diperankan oleh Ewan McGregor yang tersohor saat membintangi film Moulin Rouge!) menjadi seorang wartawan pecundang yang ditinggal istrinya. Suatu hari dia ditugaskan untuk mewawancarai seorang mantan tentara yang mengaku pernah bertugas di unit khusus tentara yang menggunakan kekuatan paranormal. Bob tidak mempercayai hal ini bahkan menganggap orang ini kurang waras. Karena ingin membuktikan ke mantan istrinya bahwa dia bukan pecundang maka dia berangkat ke Irak untuk meliput perang.

Ketika menunggu ijin masuk ke Irak, di sebuah hotel di Kuwait dia bertemu dengan Lyn Cassady (diperankan oleh George Clooney yang sengaja tidak tampil ganteng seperti biasanya) yang membenarkan bahwa ada unit khusus tentara USA yang mempunyai kekuatan paranormal yang dipimpin oleh Bill Django, diperankan oleh Jeff Bridges.

Kesatuan tentara khusus ini dinamakan New Earth Army. Misinya dinamakan Proyek Jedi yang bertujuan menciptakan tentara super mirip ksatria Jedi dalam film Star Wars yang mempunyai kekuatan supernatural dimana menggunakan kekuatan pikiran sebagai salah satu senjata. Bill membina unit khusus ini dengan caranya yang unik mendekati eksentrik. Di antara anggotanya terjadi persaingan antara dua anak didiknya yang paling menonjol yaitu Lyn vs Larry Hooper (diperankan oleh Kevin Spacey) yang digambarkan mempunyai kekuatan Dark Side ibarat sisi kelam Darth Vader dalam film Star Wars.

Karena proyek percobaan Larry maka seorang anggota dari unit istimewa ini bunuh diri dimana sebelumnya diberi narkoba LSD. Sejak itu Bill dipecat dari tentara. Sepeninggalan Bill, mereka menunjukkan eksperimen dimana Lyn berhasil mematikan kambing hanya dengan tatapan mata. Setelah kejadian ini, Bill merasa berdosa membunuh makhluk hidup yang tidak berdaya sehingga dia keluar dari dinas tentara.

Bersama dengan Bob, dalam perjalanan melintasi perbatasan masuk ke Irak, Lyn yang lagi menyetir mobil lebih konsentrasi mempraktekkan ilmu gaibnya “memecah awan” dibandingkan melihat jalan sehingga mobil yang ditumpangi mereka menabrak batu di jalanan gurun. Mereka ditolong mobil yang melintas yang ternyata adalah orang Irak bersenjata yang menawan mereka. Dengan caranya yang unik maka Lyn beserta Bob dapat meloloskan diri dari kawanan bersenjata ini.

Dalam melanjutkan perjalanan, kendaraan mereka terkena ranjau sehingga mereka harus berjalan kaki menembus padang pasir. Di tengah kesengsaraan mereka, untungnya mereka ditemukan oleh pasukan tentara USA yang membawa mereka ke camp tentara. Ternyata markas ini adalah unit khusus yang meneruskan eksperimen paranormal yang dipimpin oleh Larry.

Di sana mereka bertemu lagi dengan Bill. Bill membuat kekacauan di basis tentara ini dengan cara memasukkan narkoba LSD ke makanan dan minuman. Mereka bertiga membebaskan tawanan perang Irak dan kambing yang akan dijadikan eksperimen.

Film ini terinspirasi dari buku berjudul sama. Konon cerita film ini mendapat ide dari riset yang dilakukan tentara USA untuk kekuatan paranormal. Hal ini berdasarkan pengakuan dari pensiunan tentara yang tergabung dalam The First Earth Batallion. Film ini disampaikan secara komedi satir dimana suasana Irak digambarkan runyam dengan tingkah laku orang Amerika yang terlalu overacting. Mungkin karena hal-hal di atas maka bertaburan empat bintang film (tiga diantaranya pernah meraih Oscar yaitu George Clooney, Jeff Bridges, Kevin Spacey) yang mau bergabung untuk main dalam film ini.

Suatu film yang meredupkan kebintangan mereka. Kecuali kalau anda termasuk orang yang menjawab “ya” untuk kalimat pertanyaan di awal resensi ini.

#Diapresiasi oleh Angels Kusuma#

Sumber: http://www.filmdanmusik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More